Gejala awal Tsunami di Jepang

Belum juga dalam hitungan 24 jam semenjak terjadi nya Gempa di Chilli yang menghebohkan sudah terjadi gejala awal Tsunami di jepang,…apakah ini masih ada hubungan nya dengan gempa di Chilli…TokyoGelombang tsunami setinggi 120 centimeter menghantam pantai Pasifik, wilayah Iwate, Jepang, sekitar pukul 13.46 WIB. Sebanyak 320 ribu penduduk Jepang dievakuasi ke tempat aman.

Demikian disampaikan Badan Meteorologi Jepang, seperti dilansir AFP, Minggu (28/2/2010).

Sebelumnya Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan akan adanya tsunami besar di daerah pesisir pantai Jepang yang bersentuhan langsung dengan Pasifik. Gelombang diperkirakan akan mencapai tinggi lebih dari 3 meter.

Akibat tsunami ini, Jepang mengevakuasi 320 ribu penduduknya yang berada di wilayah pantai sebelah timur yang bersentuhan dengan Samudera Pasifik, seperti wilayah Aomori, Iwate, dan Miyagi. Sementara itu, sebuah pelabuhan di utara Nemuro, Jepang, terkena banjir akibat tsunami.

“Dimohon jangan mendekati wilayah pantai mana pun,” imbau Perdana Menteri Jepang, Yukio Hatoyama, dalam pidato nasionalnya khusus menghadapi ancaman tsunami akibat gempa Chili.

Gelombang tsunami pertama tercatat setinggi 10 centimeter menyentil pulau kecil Minamitori yang berada 1,950 kilometer sebelah selatan Tokyo. Namun, ketinggian tersebut terus bertambah hingga mencapai 120 centimeter.

Badan Meteorologi Jepang memperingatkan bahwa ketinggian bisa gelombang dapat terus meningkat. Gelombang pertama mungkin tidak menjadi gelombang terbesar. Dan peringatan tsunami nampaknya akan berlaku untuk waktu yang lama.

“Gelombang bisa saja menjangkau daratan, jadi untuk keselamatan Anda harus mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dari perkiraan tinggi gelombang tsunami,” ujar petugas Badan Meteorologi Jepang, Yasuo Sekita, memperingatkan warga.

About these ads

Komentar ditutup.