Sembelit / Konstipasi

Keadaan Sulit BAB atau istilah medis nya Konstipasi atau sembelit adalah dimana seseorang mengalami kesulitan BAB atau jarang  BAB

Gejala : Sulit BAB sehingga harus mengejan , bentuk tinja kecil,kering dan keras, perut tidak enak, panas, kembung dan sering Buang Gas

Penyebab : Kurang nya cairan  dan serat dalam makanan kurang aktifasi fisik dan olahraga yang menyebabkan kontraksi  di usus melemah

Cara penanganan adalah mengkomsumsi makanan berserat tinggi, dan perbanyak cairan untuk membantu kelancaran BAB

Tetapi dalam beberapa kasus yang terjadi, konstipasi atau semebelit di karenakan ada nya bakteri yang bertumbuh di saluran usus,

Sembelit memang bisa terjadi pada bayi. Bayi buang air besar yang keras dan banyak, dan keluar sekali dalam beberapa hari. Untuk memastikan bayi sembelit atau tidak, bukan dari lamanya bayi tidak buang air besar,. Frekuensi buang air besar antara bayi satu dengan lainnya tidaklah sama. Perhatikan konsistensi buang air besar bayi Anda!

Jika bayi sembelit, maka buang air besarnya akan beda dengan kebiasaannya, merasakan sakit ketika buang air besar, tinjanya keras serta massa tinja teraba pada perut. Jika tidak segera diatasi, maka sembelit bisa menjadi akut bahkan kronis.

Dikatakan akut jika gangguan berlangsung selama 1-4 minggu. Sedangkan dikatakan kronis jika berlangsung lebih dari sebulan. Semakin kronis semakin lama pengobatannya. Dampak jangka panjang, kuman-kuman di usus besar menjadi menumpuk berlebihan. Selanjutnya akan terjadi infeksi di usus. Jika dibiarkan, bayi pun bisa mengalami sepsis dan terancam nyawanya.

Jika bayi Anda tampak kesakitan, kemerahan, dan mengedan saat BAB bukan selalu berarti bayi sembelit. Meskipun frekuensi buang air besar berkurang, namun bila konsistensi tinjanya normal dan pada pemeriksaan fisik tidak ditemukan kelainan, maka keadaan tidak dikategorikan bayi sembelit. Bayi belum mampu mengontrol proses buang air besarnya secara optimal. Pencernaan bayi dan pembentukan enzim pencernaan pun belum sempurna.

Pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif tidak mudah mengalami sembelit. Hal ini disebabkan kadar laktulosa dalam ASI yang tinggi dapat mencegah terjadinya konstipasi. Pada bayi yang menerima ASI cenderung memiliki feses lembek karena kandungan lemak dan protein yang sesuai fisiologinya.

Lain halnya dengan bayi yang menggunakan susu formula, yang diolah terlalu kental. Biasanya susu formula memiliki kandungan lemak tinggi dan protein rendah. Pada umumnya, susu hewani memicu gangguan pencernaan dibandingkan yang berasal dari nabati. Susu nabati mempunyai susunan asam lemak tak jenuh lebih panjang, sehingga mudah dicerna.

Pada bayi yang sering mengalami sembelit dan telah mendapat susu formula, dokter kerap menyarankan agar bayi diberikan susu yang mengandung bahan yang dapat memperbaiki fungsi motilitas, seperti laktulosa.

Penyebab lain bayi sembelit adalah kekurangan cairan. Anda bisa mengatasinya dengan memberikan air putih sebelum bayi minum susu untuk membantu melarutkan dalam proses pencernaan.

Faktor lain bayi sembelit juga dapat disebabkan karena makanan. Ketika bayi sudah mendapatkan makanan pendamping, sebaiknya berikan asupan buah-buahan yang diolah menjadi cair dan halus. Hindari pemberian buah pisang dan apel yang memiliki kadar serat tinggi. Apel memiliki daya serap air tinggi dalam saluran pencernaan sehingga dapat menyebabkan kotoran mengeras.

Masih ada kemungkinan lain terkait dengan bayi sembelit adalah kelainan hipotiroid, dengan gejala fisik yang dapat dilihat adalah pusar bodong, kulit kasar dan kering, otot-otot tubuh lemah, loyo serta wajah yang khas seperti hidung pesek, dan wajah membengkak.

Perlu Anda perhatikan juga, jika mekonium (kotoran berwarna kehitaman) tidak keluar setelah 48 jam kelahiran atau bayi mengalami sembelit pada satu minggu pertama kelahiran, maka harus dipikirkan kemungkinan adanya kelainan anatomi. Yang paling sering ditemukan adalah Morbus Hirschprung, yaitu tidak ditemukannya persarafan pada sebagian segmen usus.

Dengan tidak adanya sistem saraf tersebut, maka gerakan usus akan terganggu sehingga tinja akan tertahan di situ. Pengaruhnya, bila keadaan ini berlangsung lama, maka kuman-kuman di usus besar akan menumpuk dan berlebihan. Selanjutnya akan terjadi infeksi enterokolitis (infeksi usus). Bila didiamkan bisa menjadi sepsis (infeksi berat) yang dapat menyebabkan kematian pada bayi.

Segeralah mengkonsultasikan pada dokter Anda untuk mencari penyebab terjadinya sembelit pada bayi Anda. Perlu diketahui, jangan asal memberikan obat pencahar. Sebab, pencahar sebenarnya bukanlah obat sembelit, hanya untuk mengatasi sesaat saja. Penyebab bayi sembelit lah yang harus segera dilacak, agar tuntas menanggulanginya.

Alternatif terapi Herbal untuk kesembuhan sembelit
Terapi pengobatan asal negri tirai bambu yang sudah terkenal khasiat dan kemanjuran nya ini di dapat dari resep rahasia kuno kerajaan China kuno yang hanya ada di kalangan kerajaan dan istana, yang dimana rahasia pengobatan ini akhirnya dapat terkuak dan bisa di pakai untuk masyarakat umum pada  masa sekarang ini

Herbal berbahan dasar serat alami yang di padukan dari berbagai serat nabati

Mengandung serat alami Haw powder

Sellulose Jagung dan maize

Sellulose polliglukosa

Berfungsi :

Berkhasiat menyingkirkan bakteri berbahaya dalam usus

Mencegah penyerapan kolestrol  yang ada dalam makanan

Mencegah timbul nya pengerasan pembuluh nadi dan jantung

Menambah volume Buang air besar, serta merangsang usus kemabli normal

Mengaktifkan darah dan menguraikan gumpalan

membersihkan bakteri berbahaya dalam saluran saluran usus

Meningkatkan kolestrol baik LDL yang mencegah pengerasan pembuluh darah

Ramuan tradisonal ini diracik dengan bioteknlogi modern dan higenis, sudah di akui oleh dunia medis dan mendapat sertifikat oleh Badan kesehatan Dunia WHO

Untuk informasi dan konsultasi produk, silakan tinggalkan komentar anda serta alamat email .

Iklan

32 responses to “Sembelit / Konstipasi

  1. di mana bisa mendptkan Sellulose Jagung dan maize

    Sellulose polliglukosa, mohon infonya. apakah ini cocok buat bayi 7 bln.

    • Salam
      anda dapat memesan daoublle sellulose dgn harga Rp 210.500,- di luar ongkos kirim ( untuk wilayah Jakarta pusat dan barat bisa diantar ) luar wilayah pengiriman melalui tiki, silakan cek di http://tikijne.co.id,
      System pembayaran bisa bisa melalui Bank Bca cabang pasar baru , A/n Lie Steven Ferdinand. N/A 0021.627.851 atau bisa melalui paypal : b57eve@ymail.com
      Saya sangat menyarankan tidak diberikan untuk bayi, alternatif lain di berikan Zinc herbal yang membantu melancarkan pencernaan, pertumbuhan sang bayi dan kecerdasan otak nya,. di anjurkan dibantu dengan memberi ASI secara berkala.
      Semoga informasinya dapat membantu .thx

  2. bayi saya umur 2 bulan sudah 1 minggu tidak BAB, sebelumnya periksa k dr. tp katanya tidak ada masalah. kalo untuk bayi obat herbal yang dianjurkan apa? kalo sellulose di minum oleh saya supaya diserap oleh bayi melalui ASI bgmn?

    • Untuk pemerikasan kondisi bayi anda,saya sarankan memeriksan kan ke dokter internist lain nya, Ini di anjurkan unutuk mendapatakn symptom atau diagnosa lain nya, agar anda dapat anlisa lebih dari satu dokter.
      Sangat di saranankan anda memberikan ASI sebagai asupan yg utama untuk memperlancar BAB sang bayi, dan untuk menambah kwalitas ASI anda agar dapat memaksimalkan Kalsium yg dapat di berikan untuk bayi, anda dapat mengkomsumsi Nutrient High Calsium Powder yang di kombinasi kan dengan double cellulose, Ada pun fungsi Kalsium dan kompisisi nya sbb :
      extrak sumsum tulang sapi murni, Zymolytic bone Calciium POwder, Oligosaccharide, Defatted MIlk Powder, Cocoa, Aspartame
      Yang mempunyai Keistimewaaan
      Kadar Kalsium tertinggi lebih dari 4000 mg per 100 g Setiap 10 gr (1 shacet) mengandung 400 mg
      .
      Kadar Kalsium tinggi 4000 mgr/ 100 gr = 40x lipat kandungan susu sapi murni / 1 shacet = 6 — 8 gelas

      Tingkat penyerapan ke tubuh lebih dari 95 %,
      Perbandingan Kalsium dan Fosfor 2:1
      Komposisi balance dan mengqandung Vit B1, B2, B6, B12, E, Protein, Asam Amino, Asam Folat, Zat besi, Zat seng, Yodium, Selenium Mangan
      Tidak menganndung gula tebu, rendah kalori, rendah lemak, di tambah dengan komposisi lemak nabati,dan bubuk cacao sehingga enak di mulut, lembut dan manis, keseluruhan nya alami dan tanpa bahan pengawet
      Kadar kalsium bersifat Netral ( Ph=7 ) aman di gunakan bagi penderta saluran pencernaan,radang lambung dan kanker lambung
      Fungsi dan kinerja Calsium
      Tulang : Mencegah & Menyembuhkan oesteoporosis, hyperplasia tulang, meminimalkan penyusustan tulang selama hamil dan meyusui ( Menambah kwalitas ASI bagi Bayi )
      Berdaya tahan terhadap pembusukan gigi, mencegah kerusakan & membantu mineralisasi gigi, mencegah pendarahan akar gigi / Gusi berdarah
      Menyembuhkan rasa sakit pada pinggang pada lansia yang di sebabakan karena kekurangan Kalsium
      Membantu kesembuhan reumatik dan kram, mencegah & menyembuhkan stress serta insomnia
      Menormalkan kembali tekanan darah yg berlebih ( Hypertensi )
      Mencegah dan menyembuhkan bagi penderita penyakit jantung
      Menurunkan resiko kanker usus, serta melancarkan saluran pencernaan kita
      Menyembuhkan bagi penderita Wasir / Ambeien
      Membantu vitalitas dan meningkatkan gairah serta hormon seks

      Untuk info lengkap dan detail nya mengenai fungsi Calsium => Klik di sini

  3. nur ela budiarti

    anak saya sekarang umurnya 3 tahun, dari semenjak bayi babnya sudah keras, tapi keluarnya tiap hari, tapi sekarang anak saya bab sampe 3 hari sekali, dah fesesnya keras berwarna hitam kecil kecil, sudah saya coba kasih pepaya tiap hari tapi cuma 2 hari dia lancar babnya setelah itu kembali lagi 3 hari sekali, setiap ngeden kasian.
    udah pernah check kedokter, dikasih obat laktulax tapi hasilnya tetap saja sama

    mohon informasinya, apakah Sellulose Jagung dan maize

    Sellulose polliglukosa, cocok untuk anak saya. dan bagaimana mendapatkannya ?
    apakah yang dialami anak saya ini karena ada gangguan di dalam ususnya, mohon pencerahannya ?

    • Salam
      Jika keaadaan yang terjadi seperti yang saudara ceritakan, ada kemungkinan besar anak anda mengalami permasalahan dalam pencernaan, yg perlu di khwatirkan ada nya gangguan dalam usus ,obat yang di berikan oleh dokter jenis kategori pencahar. Efek pencahar hanya membantu melancarkan Bab anak anda,tetapi bila ada nya bakteri yg berkembang biak di usus nya,…Saya sarankan anda memeriksa kan ke dokter internist untuk pemeriksaan lebih lanjut agar mendapat hasil analisa terbaik.
      Saya ada sedikit pertanyaan kpd saudara,…apakah balita anda di berikan ASI yang cukup pada usia bayi nya.?
      Kandungan ASi yg memadai membantu pencernaan yang sempurna
      Sellulose ini di sarankan tidak di komsumsi untuk usia 3 tahun ke bawah,tetapi dapat mengkomsumsi suplemen tambahan kalsium chewatable untuk bayi anda, ini akan membantu kelancaran BAB anak anda,sekaligus membantu perkembangan organ yg lain nya ( info Kalsium dapat anda klik di sini )

  4. Anak sya dri umur 1 bln konstipasi BAB keras n suka ngedan. Skrg ů∂äh berumur 5bln. Anus nya sedikit robek, n selalu berdarah klo ů∂äh BAB mohon bantuannya agar BAB ny lancar, slma ini baby slalu BAB 2 hr sekali n >:/ τ̲̣̣ ȋ̝̊̅ DäªK asi

  5. Aduh,saya tiap pagi sembelit nih kemarin aja saya ngeden ampe nang

  6. Aduh,saya tiap pagi sembelit nih kemarin aja saya ngeden ampe nangis

  7. saya mengalami sembelit akut dan untuk mengatasinya saya pakai teh jati cina. saya ingin meninggalkan kebiasaan ini saya ingin mencoba produk cina ini, dimana saya bisa pesan kalau ada di wilayah malang atau jatim

  8. Slm knl ea..saya dari kcl susah bab,skrg usia saya 28 th tp msh sj susah,malah saya juga pernah operasi usus buntu,kt dokter penyebab slh satunya ssh bab,tp hingga saat ini masih saja sembelit,udah mkn buah2an,sayur,tp ttp sembelit sampai pusing saya.mohon masukannya ea kira2 obat tsb hrgnya brp ea,thx.

  9. Cara mengobati wasir yg uda ada hemoroidnya bagaimana?

  10. Salam,
    Anak sy 9bulan, BABnya sering berbentuk biji n kering. Sudah sy coba berbagai cara, sprti lacto B, pepaya dsb. Mpasi sy kira tidak kekurangan serat n jg masih full ASI. Konsultasi ke dokter anak jawabannya jg slalu sama saja, yg kemungkinan alergi dsb. Mohon pencerahannya, sy sangat bingung… terima kasih.

  11. Apa produk ini bsa untuk anak 7bln ? Bagaimana pemakaiannya?

  12. saya 1 minggu dah gak bab,
    gimana ni cara nanggulanginya,
    setiap saya bilang pada ibu saya,
    “mah,aku dah gak bab selama 5hari ni,periksa kedokterya mah!”
    tapi ibu saya jawab”ah,,apaan si nanti juga kluar sendiri”
    saya ksal jadinya,
    sekarang saya dh gak bab 1minggunih,

  13. anak saya umur 2,2 tahun waktu bayi sampai kira2 setahun BAB nya msh lancar tp semenjak setahunan smpe sekarang BABnya keras biasanya 4 hari sekali, untuk feses pertamanya biasanya keras hingga dia kesakitan dan keluar darah tp selanjutnya fesesnya sdh agak bagus dan tidak keras lagi…anak saya cm mendapatkan ASI 1 bulan itupun dibntu dengan sufor, untuk obat herbal yang dimaksud cocok ga buat anak 2 tahun…mohon informasinya yahh….tks

  14. apkah herbal ini jg c0cok bt lansia,,? trimakasih..

  15. Ayah sy ngak BAB dlm 10 hr lbh,prtnya trasa sakitgmna solusinya

  16. sy sembelit sdh sekitar 7thn.cr mengobatinya bgmn?

  17. Saya mau pesan produck tu karna anak saya mengalami sembelit dah beberapa bulan kebelakang ini..

  18. apa ramuan tersebut? dimana bisa mendapatkanya..

    syarif_usman_oke@yahoo.co.id

  19. lgsg saja.. bgm saya bisa mendapatkan informasi lbh detail soal produk? ini email sy : rhesaregina85@gmail.com

  20. Dear admin,
    Anak saya berumur 3tahun dan sering sekali mengalami konstipasi, sudah banyak merk susu formula yang telah saya coba berikan tetapi masih belum berubah, jadi tolong berikan info tentang produk Herbal yang mungkin dapat membantu permasalahan anak saya ini, terima kasih

  21. Anak saya umur 2 th, konstipasi sdh 1 bln lbh, sy sdh ke 3 dokter, termasuk doter bedah ank, smua bilang kurang air dan serat, anak saya memang susah minum air putih. Namun sy tkt, ada infeksi atau krn bakteri.

  22. baby saya umur 7 bulan, pupnya ruar biasa keras dan susah , ngeden mulu. sudah 5 hari engga pup. apa yang cocok dan bagaimana pemesanan dan pemberiannya.

  23. saya bisa membelinya d mana,dan brapa harganya

  24. Ibu saya sudah 1minggu lebih tidak bs bab. Bisa pake obt ini g ya? Umur 50THN keatas. Kalo mau pesan gmn caranya? Sudah di endoskopi dan usg, tp hasilnya tdk ada mslh. Namun dampai saat ini msh perih rasa perutnya. Dan sampai sekarag blm bab sdh lbh dari 1minggu. Thanks perhatiannya.0

  25. Anak saya umurny baru 1 bulan dan di diagnosa terkena hisprung apakan ada obat herbalnya? Kami ingin mendapat informasi sebanyak-banyaknya mengenai penyakit ini dan obat herbalnya.
    Salam

  26. ank sya brusia 3,5 thun da n menglimi ksuliatan buang air bsar sya sdah mmriksakn nya k doter mnurt dktr ank sya hrus mnum cairan laktulose, apkah ada obt lain yg dpt memprcpat penyembuhan smblit ny?

  27. Dok anaku umur 4 bln 1 minggu kmrin gak BAB di ksih microlax keluar hbis itu 1 minggu lg aku ksih microlax lg bru keluar lagi tp smpai skrng BABnya kok gak lancar lagi tp bayinya tetep kentut,aktif n tidak rewel gimna solusinya ya dok?

  28. Bayi saya umur 3 bulan, asi eksklusif, sudah sekitar sebln tdk lancar bab, pernah bab di minggu pertama saja, bab nya tdk keras, encer, tp stlh itu tdk bab lg hingga skrg, dan sering sekali kentut, maaf, kentutnya bau sekali, terkadang ketika kentut mengeluarkan fases tp hny sedikit sekali ( disekitar anusnya hny kuning2 saja, maaf), dan perutnya bunyi, sprt suara perut kembung, kadang rewel dan marah, tp dr pd itu lbh bnyk ceria dab bergerak Aktif, kadang jg dia mengejan biasa, tp bab tdk keluar, bagaimana cara mengatasinya??? Mohon saranya dan terima kasih…

  29. apa nama obat china ny

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s