Oli & Mesin

MOdifikasi lampu motor bebek

Sekarang aturan di Jakarta mengharuskan lampu menyala siang hari. Otomatis, lampu depan kudu hidup siang dan malam. Bakal lebih afdal kalau motor lain bisa ikutan seterang Tiger. Seperti bebek misalnya. Ada yang langsung mengambil jalur kabel lampu depan dari aki, hasilnya arus listrik tak lama jadi ngedrop.

Perhatikan lampu depan Honda Tiger 2000. Nyala stabil meski putaran mesin naik-turun. Pertanda arus headlamp ditopang aki yang disebut sistem DC. Makin asyik karena lampu utama tetap fungsi meski dapur pacu belum hidup.

Lampu Bebek – Dua Kiprok Nyala Stabil

Atau malah ganti aki dari 5 ampere ke 7 ampere dengan harapan cadangan listrik makin besar. Nyatanya pengisian malah enggak stabil. “Charge aki dari sepul harus diperbesar, cara paling gampang, ya tambah satu kiprok lagi (gbr. 1),” buka Untung Riadi, mekanik HRC Loaxan di Jl. Panjang, Cidodol, Jakarta Selatan.KLIK – Detail

Langsung saja, pria yang akrab disapa Bege ini kasih contoh cara pasang di Honda Astrea Grand. Buka dulu cover aki, tugas pertama cari lokasi buat pasang rectifier atau kiprok kedua.

Kalau kagak dapat lokasi dekat dengan kiprok pertama, silakan cari tempat lain. Nggak masalah kok asal kabel ke kiprok kedua cukup panjang.

KLIK – DetailUrusan kedua kini menggabungkan sepasang kiprok agar bekerja kompak. Lihat empat kabel di kedua soket rectifier, gabungkan kabel kuning (sepul lampu) di kiprok pertama ke kabel putih (sepul pengisian) di kiprok kedua (gbr. 2). Kabel kuning di kiprok kedua silakan diputus alias dinon-aktifkan.

Lampu Bebek

Masih di kiprok kedua, hubungkan kabel merah ke aki dan kabel kelir hijau menuju massa. Kini kedua kiprok sudah bekerja sama, ganti dan pindahkan kabel kuning yang ke lampu utama dicolok langsung ke aki.

Tes dulu dengan memutar kunci kontak ke posisi ON, lalu colek sakelar headlamp, sudah bisa menyala belum? Kemudian jajal dengan mesin hidup. Pastikan sistem pengisian ke aki bekerja dengan ciri nyala lampu depan terus terang tanpa gejala ngedrop.

Oh ya, aki bawaan bebek 5 ampere tetap bisa dipakai. Tapi seumpama diupgrade ke aki Tiger 2000 spek 7 ampere malah lebih sip lagi.

“Alternatif lain, silakan jajal kiprok Honda Tiger yang memang dirancang buat aki 7 ampere (gbr. 3). Jalur kabel mirip di GL100 CDI, GL Pro atau Astrea Grand, tinggal modif kabel di gulungan sepul,” lanjut pria 33 tahun ini.

Dua Kiprok Nyala Stabi

Mesti buka bak magnet, karena sepul lampu nggak lagi dipakai, maka harus digabung ke sepul pengisian dengan cara disolder. Alhasil pengisian ke aki jadi lebih besar karena semua gulungan sepul mengarah ke kiprok.

Kiprok RX-King 6V Bebas Putus

Nah, kalau cerita yang ini kebalikan dari artikel di atas. Buat yang pengin praktis minus aki tapi nggak pengin bohlam depan gampang putus. Biasanya mereka ini penyuka motor korekan kencang jalanan atau penggemar motor trail.

“Nggak perlu takut putus lagi kalau sudah pasang kiprok dari Yamaha RX-King lama yang masih 6 volt. Dijamin meski digeber sampai rpm tinggi sekalipun lampu tetap menyala,” kata Heru Mustofa, tuner Scorpio Motor di Meruya Selatan, No. 35, Jakarta Barat.

Cara pasang juga super gampang. Pasang dulu kiprok RX-King ke sasis, lalu kabel putih digabung ke jalur kabel lampu utama. Gitu aja kok! Tapi, ingat, baut yang mengikat ke rangka itu harus kuat. Kalau ikatannya kendur atau lepas, lampu akan putus terus. Okeh!

BOHLAM HALOGEN MOBIL TERANG

Satu lagi yang mau ikutan terang. Bisa pasang bohlam halogen mobil. Harga cuma Rp 4.000 namun kuat. “Meski arus listrik langsung dari sepul alias tanpa kiprok, dijamin tidak putus,” jelas Anto Suratman dari PJ Motor.

Saduran dari Oom shaft

31 responses to “Oli & Mesin

  1. mw tanya nh bang,klo kbel lmpu utama bwrna apa?tlong info blik na,biar bsa bljar utak-atik kabel dbodi mtor aku si Raja,mkasih

    • Biasa nya lampu kabel standar berwarna putih,hijau dan merah. coba perhatikan pas membuka batok atau mangkuk lampu dpan nya,. cari scoket master nya dan dari sana bisa coba di lihat , kenali ground / massa dan cari kable positif.thx

  2. salam sejahtera…
    gini mas aku punya tiger 200 thn 1997.
    kemarin habis bongkar mesin trus sepertinya semua kabel body dibuka saya pun gak tw apa tujuannya…
    sekarang yang menjadi masalah kenapa aki saya ngedrop trus padahal aki udah diganti 2 kali dalan 1 bln, apakah kiproknya yang rusak atau ada kabel yang konslet di motor saya….
    mohon penjelasannya…

    • Salam sejahtera

      Untuk permasalahn kabel atau wiring ,saya sarankan lebih baik anda bawa ke ahlinya saja,. karena bila salah2 akan mempengaruhi system kelistrikan motor anda ,dan sial2 nya motor akan matot ..( mati total ) dan juga bisa membuat anda harus merogoh kantong lebih dalam untuk membeli spart part lain nya ( Spul, accu, kiprok dll yg koslet ) di banding anda bawa ke ahlinya.
      warna kabel :

      1. HONDA
      Hijau : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
      Merah : (+) aki
      Hitam : (+) kunci kontak
      Putih : (+) alternator pengisian
      (+) lampu dekat
      Kuning : (+) arus beban ke saklar lampu
      Biru : (+) lampu jauh
      Abu-abu : (+) flasher
      Biru Laut : (+) sein/reting kanan
      Oranye : (+) sein/reting kiri
      Coklat : (+) lampu kota
      Hitam-Merah : (+) spul CDI
      Hitam-Putih : (+) kunci kontsk
      Hitam-Kuning: (+) koil
      Biru-Kuning : (+) pulser CDI
      Hijau-Kuning: (+) lampu rem

      2. YAMAHA
      Hitam : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
      Hijau : (+) arus beban penerangan
      Merah : (+) arus positif dari aki
      Kuning : (+) lampu jauh
      Coklat : (+) sein/reting kiri
      Hijau : (+) arus beban (penerangan, dll)
      Putih-Merah : (+) pulser CDI
      Hijau-Hitam : (+) rem

      3. SUZUKI
      Hitam-Putih : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
      Putih-Merah : (+) pengisian dari magnet
      Putih-Biru : (+) koil ke CDI
      Putih-Hitam : (+) lampu rem
      Kuning-Putih: (+) penerangan/lampu
      Biru-Kuning : (+) pulser ke CDI
      Merah : (+) aki
      Oranye : (+) kunci kontak
      Abu-abu : (+) lampu belakang
      Hijau Muda : (+) Sein/reting kanan
      Hitam : (+) sein/reting kiri

      4. KAWASAKI
      Hitam-Kuning: (-) masa, berlaku untuk semua negatif
      Putih-Merah : (+) aki
      Merah-Hitam : (+) lampu jauh
      Merah-Kuning: (+) lampu dekat
      Abu-abu : (+) Sein/reting kanan
      Hijau : (+) sein/reting kiri
      Biru : (+) lampu rem
      Merah : (+) lampu belakang
      Coklat : (+) klakson

      Maaf saya tidak bisa memberikan info secara detail,.karena itu perlu penaganan langsung ke tkp

      • Om mau tanya kabel bodi rx king saya kan nga ad.ane mau pasang aki tapi nga tau kabel sepul buat pengisian aki warna ap tolong penjelasan nya.dan yg ke kiprok ane mau pasang lampu hid

  3. ane mau nanya nih mas broww, ane bingung sama kelistrikan di motor ane (astrea grand) nyari kiprok orisinil nye susah banget di tangerang baru pada ganti gantiin lampu yang putus pas di geber pada putus lagi tuh lampu.. yang bagus pake kiprok apaan yeh mas broww tolong dibantu jawabannya

  4. kalo buat honda win bisa ga bos? .
    berapa besar biayanya kalo untuk win? .
    trm kasih.

  5. Mas bro… klu diterapkan pake honda TWIN 175, sistem PENYUPLAIANNYA dari SPUL KE KIPROK GMNA …sama gk kayak tiger 2000 ????

    mgkn bs di balas ke email aku : paulusspectaeducation@yahoo.co.id

    tks ya Mas bro…

  6. Kenapa ya kabel putih dri sepul apinya kecil

  7. Iwayan simon hermawan

    mau tanya donk ada yg tau ngurut kabel binter merzy, soalnya baru beli binter udah lama mati, dan kabel pun sdh pad hilang, apa ajah yg musti di siapkan dan bagaimana caranya,,maaf nih minta ilmu soalnya bener2x awam

  8. mf! sy mau tanya? Sy sudah mencoba tapi sblm kunci sy on lampu menyala? Sy mhn keterangan yg lbh jelas lg? Mslh pemasanga kabel socket, lg pula sy gk buka sepul magnet! Trima ksh…

  9. mas bro apa bedanya spul tiger 1997 dengan tiger 2000

  10. Gan, mau tanya, motor saya rxz yang mempunyai kiprok 3 kaki (yang tersambung di kiprok kabel merah, kunig, dan puting, ground nempel ke sasis). saya mau ganti kiprok king 4 kaki, mohon pencerahaanya untuk warna kabel yang di pasang ke setiap terminal kiprok king tsb? terima kasih Gan..

  11. mas lw mtr gl 100 msh pke cdi rc. . Lw dignti dgn cdi lain yg co2kny ap dgn sklian spul ma kbel2 biar lampu hdup normal tp mtr tetap kncang

  12. lam gan
    sya ada pr’tnya.an mtr sya supra fit lama lampu.utama.nya ga.se.terang motor2 sekarang pdhl sya udh gnti lmpu dgn halogen merk osram 25w 2buh solusi.nya gmn.ya supaya bisa lebih terang ya.minimal setara sama mtr beat atw vario thanks gan

  13. Numpang tanya, klo sya mau tmbh lmpu LED (tmbahan) di skitar dan atas ban blkg motor Mio susah ngga?
    tenaga listrik nya dari aki atau battre?

  14. gan mf nih mau tanya gimana detail sambungan kabel dari spul ke kiprok dan ke aki warna kabel dan sambunganya kmana aja,motor saya rx kinng 1986
    tolong ya gan awam nih

  15. mas bro mau nanya neh saya pake x spesial..nah pas mesin panas ato jalan kurang lebih 200 meter tiba tiba ndut ndutan dan hasilnya mati..setelah ng beberapa saat di coke bisa nyala lagi..trus lepas kopling ee mati lagi….nah mohon pencarahannya neh..thanks

  16. gan,aq ad gl 100 ’82.
    nah,yg jd prtanyaan neh untk kiprokny kaki2ny larinya kmn aj.kan ad 4 kaki tuh?skalian bwt kbel dr spul jg kluar 4warna (hitam,kuning,hijau-merah,putih)maklum newbie n lulusan sma aj.thanx bro….

  17. Slm knl,motor sy grand,mau nanya’ kabel merah di kiprok 1 pa di gabung ma kabel merah di kiprok ke 2 ?makasihhh..

  18. mass mau tanya…. itu kiprok yang didouble beli lagi kiprok standar atau pake kiprok tiger??? trims

  19. bung
    untuk di win 100 gmn caranya?

  20. Ok bro thanks tip” pasang kiprox, soalnya ane punya masalah yg sama d mtr king ane,,,

  21. Mas kabel lampu utamanya ada 2 jauh dan dekat ,apa dua2nya di sambung langsung keaki terima kasih

  22. mas bro…ane mau tanya ni…cara menggabungkan arus spul dan btre ke lampu rx king gimana???soalnya klo dri batre g tahan…dari spul aja klo pas lgi geber malam mesin tiba2mati atao jim panas kan bisa kelimpungan??nah..jadi mau nya ane arus batre dan spul di satuin ke lampu utama….bantuin mass……gimana caranya…

  23. Salam kenal,
    Bro… mohon pencerahan.
    Saya memakai dua lampu (Head Lamp asli + tambahan), dengan 2 aki (masing” untuk lampu head lamp asli dan tambahan secara terpisah).
    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Apakah perlu penggabungan 2 kiprok atau terpisah?
    2. Bagaimana cara / rangkaiannya.
    Terimakasih,

  24. Payah..bikin situs tentang arus listrik tapi gak ada penjelasan dan tanggapan tenta mereka yang awam

  25. ridwan gunawan

    om aku ga paham cara pasang dioda untuk pengisian aki agar gak tekor ,apa pakai lg kabel untuk masa apa tdk ?

  26. Om mo nanya,kl urutan kabel rx king,dari spul ke cdi terus ke kiprok,yg sederhana tp jelas,makasih om

  27. Khusus motor king,, pedahal udh make kiprok rx king,jupiter, mio,, tpi tetep aja selalu putus lampunya

  28. bro ini ane lagi proses pasang 2 kiprok di motor ane,kiprok ori di jalur ori dan ane mau gabungkan kiprok multi IC jalur ikut ke kiprok ori gpp kan bro kabel kuning bgusnya di putusin ato ga pada kiprok kedua??

    terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s